img.w2bsmly { height: auto !important; vertical-align: middle !important; width: auto !important; border:0px !important; }

blogger

Labels

Welcome

Welcome Pictures

Kamis, 03 November 2011

Kenali Tanda - Tanda Stres dan Cara Menangkalnya

Setelah aku baca di Yahoo! ternyata penyebab dari stres itu salah satunya adalah gangguan pencernaan loh.. kutipannya di bawah ini..
"Stres dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS), gangguan yang menyebabkan nyeri perut, sembelit dan diare."
Waaah berarti ada kemungkinan aku juga mengalami stres neh, soalnya aku seriing banget kena gangguan pencernaan yang namanya diare, bahkan bisa di bilang udah langganan gitu deh sama penyakit yang satu ini.. (koran kali yaa langganan :p)..
Untuk teman - teman atau seluruh rakyat Indonesia yang  mengalami masalah gangguan pencernaan seperti yang aku alami, kayaknya  ada kemungkinan terkena stres deh.. nah lho..
Trus menurut salah satu peneliti yaitu Yuri Saito Loftus, dari Mayo Clinic di Rochester, Minn yang meneliti hal neh bilang..
"orang yang sering mengalami trauma psikologis semasa hidup mereka lebih mungkin untuk mengalami IBS. Trauma dalam hal ini contohnya kematian orang yang dicintai, bercerai, pengalaman bencana atau kecelakaan mobil."
Namun tenang saja sodara - sodara setanah air, kalau ada penyakit pasti ada penyembuhnya kan? Nah penyembuh atau penyangkal dari masalah stres ini salah satunya adalah dengan sentuhan..(pasti udah mikir apa benar bisa?)
eits, jangan salah menurut TRIBUNNEWS.COM sentuhan adalah indra manusia yang tidak termakan oleh usia.. maksudnya adalah mulai dari bayi oek, oek, sampai jadi tua kakek - kakek atau nenek -nenek manusia itu membutuhkan sentuhan dalam hidupnya. Butuh di elus - elus atau di usap - usap ( kayak kucing aja ya) hehe.. tapi beneran loh faktanya memang seperti itu, hewan pun yang miskin sentuhan atau tidak pernah di sentuh, sikapnya akan berbeda dengan hewan yang sering di sentuh atau di elus - elus oleh majikannya. Manusia juga hampir sama seperti itu. Dan sebuah penelitian membuktikan bahwa..
"Sentuhan dari pasangan yang dicintai memiliki kekuatan dua kali lipat dalam melawan stres. Sentuhan dan rasa nyaman yang diciptakan juga meningkatkan imunitas dan mempercepat kesembuhan."

Lalu kesimpulannya adalah..
Semakin bertambahnya usia, membuat kebutuhan akan rasa dicintai pun meningkat. Kita perlu belajar memberi sentuhan melalui pelukan, ciuman, atau berpegangan tangan pada orang yang kita cintai karena kebutuhan akan perasaan dicintai dan tidak sendiri merupakan salah satu cara manusia bertahan hidup.
Selain dari sentuhan, ternyata penangkal stres yang lainnya bisa berasal dari sahabat baik yang kita miliki. Karena dengan adanya sahabat baik, akan membawa pengaruh yang sangat banyak bagi kita, contohnya pas lagi ada masalah kita bisa curhat seember, atau segudang masalah yang sedang kita hadapi. Dan sahabat akan setia mendengarkan serta memberi solusi dari permasalahan kita. Selain untuk tempat curhat, sahabat juga bisa jadi teman hang out yang asyik. Biasanya kalau lagi suntuk, atau lagi banyak pikiran, kita bisa mengajak sahabat kita untuk ke mall, karaoke, ke pantai, atau kepasar kambing (kalau yang ini mungkin aja loh, siapa tau sahabat kamu bisa bantu kamu milihin kambing yang sehat buat kurban pas Idul Adha, hehe..)
Ya kalau kata aku neh "sahabat itu segala - galanya deh". So bersyukurlah kamu yang mempunyai banyak sahabat baik dalam hidupmu. :)


Sumber : Yahoo!co.id dan Tribunnews.com



0 komentar:

Posting Komentar

Cari Informasi di Wikipedia

Hasil penelusuran